Article Detail
Belajar Nilai Hidup melalui Studi Lapangan
Selain
itu kami juga diberi kesempatan untuk bertanya-tanya pada sesi tanya jawab di
pabrik PT. Nissin. Disini, kami melontarkan beberapa pertanyaan yang ada di
buku panduan, lalu mencatat penjelasannya. Ketika kami membuat laporan, kami
menggabungkan penjelasan-penjelasan selama sesi tanya jawab dengan informasi
yang diberikan oleh pemandu selama di dalam pabrik, serta dengan apa yang kami
lihat. Ini merupakan penerapan dari creativity,
cepat tanggap melihat dan memanfaatkan peluang secara positif, menggali dan
mengembangkan potensi yang ada, mau bertanya dan belajar dari orang lain, dan
memiliki semangat dan ketekunan untuk terus belajar.
Di
samping competence dan creativity, kami juga menemukan poin Cc5
lainnya yaitu community, saling
mendukung, memperhatikam dan menghargai, memandang keberhasilan karya dalam
kebersamaan serta menanggung kegagalan dalam semangat kasih. Hal ini kami
termukan dari pertama kami berangkat hingga kami selesai mengerjakan laporan. Saat kami berangkat, kami semua mengantuk, karena harus bangun pagi dan sampai sekolah
pk. 05.30. Kesamaan perasaan ini mendorong kami untuk lebih dekat dengan
tertawa dan bercanda untuk bersama-sama mengikuti studi lapangan dengan baik. Setelah
itu sesampainya disana, kami juga terpecah menjadi kelompok-kelompok kecil.
Kelompok-kelompok ini berlaku selama kami disana, hingga kami mengerjakan
laporan, mempresentasikan hasil studi kami, lalu merevisinya lagi. Dari situ
kami belajar bekerjasama, membagi tugas agar pekerjaan terasa lebih ringan dan
mendapat hasil yang memuaskan. Setelah kami mempresentasikan hasil laporan
kami, ternyata ada beberapa revisi yang perlu dilakukan sebelum dikumpulkan
lagi. Kami pun mengerjakan bersama-sama lagi sebelum dikumpulkan. Dari sini
kami belajar memandang keberhasilan karya kami dalam kebersamaan serta
menanggung kegagalan dalam semangat kasih. Kami belum gagal, laporan kami hanya
kurang sempurna, maka kami tidak menyerah dan dengan teliti mengerjakannya lagi
bersama-sama.
Refleksi kegiatan studi lapangan ini ditulis oleh Puspa Kirana Karang, Benedicta Roaslind M, Caroline Sekar Ayu, dan Claudia Evelina kelas XII IPA 1. Refleksi ini salah satu dari banyak refleksi yang ditulis oleh tiap kelompok peserta studi lapangan kelas XII tahun 2012.
-
there are no comments yet