Article Detail

Pentingnya Public Speaking bagi Guru

Sebagai pendidik atau guru harus mampu menguasai public speaking yakni mampu menyampaikan materi dengan jelas, membangun kepercayaan diri, meningkatkan interaksi dengan peserta didik, memberikan inspirasi dan motivasi, dan menghadapi audiens yang berbeda. Selain itu guru sebagai sumber ilmu harus memiliki kharismatik, penampilan memikat, menginspirasi, meningkatkan kualitas diri, dan menciptakan kenyamanan kelas.

Komponen dasar public speaking antara lain ; persiapan, eksekusi, dan penutup. Persiapan, dalam tahap ini guru harus mampu mengenal audiens, menyiapkan materi secara terstruktur, dan menggunakan alat bantu visual (power point, gambar, video) untuk mempermudah peserta didik dalam menangkap dan memahami materi. Eksekusi, dalam tahap ini guru harus mampu mengatur nada dan intonasi, kontak mata yang tepat, dan bahasa tubuh yang positif dan terbuka. Penutup, dalam tahap ini guru harus mampu merangkum point=point utama dan mengajak peserta didik untuk bertanya atau berdiskusi.

Tentunya dalam pelaksanaannya kadang kala guru mesara gugup. Adapun teknik mengatasi rasa gugup sebagai berikut ; latihan dan persiapan, tarik nafas dalam dan kontrol emosi, berbicara perlahan, istirahat sejenak saat berbicara untuk memberikan ruang berpikir, dan bercerita.

Supaya public speaking dapat dikuasai dengan baik, maka perlu interaksi dengan audiens (peserta didik) yang baik pula. Cara membangun interaksi dengan audiens yang baik, antara lain ; membangun keterlibatan peserta didik dengan mengajukan pertanyaan terbuka, mengundang peserta didik untuk berdiskusi atau berdebat, dan memberikan pujian dan dorongan saat peserta didik berkontribusi.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment