Article Detail
Pentingnya Public Speaking bagi Guru
Sebagai pendidik atau guru harus mampu
menguasai public speaking yakni mampu menyampaikan materi dengan jelas,
membangun kepercayaan diri, meningkatkan interaksi dengan peserta didik,
memberikan inspirasi dan motivasi, dan menghadapi audiens yang berbeda. Selain
itu guru sebagai sumber ilmu harus memiliki kharismatik, penampilan memikat,
menginspirasi, meningkatkan kualitas diri, dan menciptakan kenyamanan kelas.
Komponen dasar public speaking antara lain ;
persiapan, eksekusi, dan penutup. Persiapan, dalam tahap ini guru harus mampu
mengenal audiens, menyiapkan materi secara terstruktur, dan menggunakan alat
bantu visual (power point, gambar, video) untuk mempermudah peserta didik dalam
menangkap dan memahami materi. Eksekusi, dalam tahap ini guru harus mampu
mengatur nada dan intonasi, kontak mata yang tepat, dan bahasa tubuh yang
positif dan terbuka. Penutup, dalam tahap ini guru harus mampu merangkum
point=point utama dan mengajak peserta didik untuk bertanya atau berdiskusi.
Tentunya dalam pelaksanaannya kadang kala
guru mesara gugup. Adapun teknik mengatasi rasa gugup sebagai berikut ; latihan
dan persiapan, tarik nafas dalam dan kontrol emosi, berbicara perlahan,
istirahat sejenak saat berbicara untuk memberikan ruang berpikir, dan
bercerita.
Supaya public speaking dapat dikuasai dengan
baik, maka perlu interaksi dengan audiens (peserta didik) yang baik pula. Cara
membangun interaksi dengan audiens yang baik, antara lain ; membangun keterlibatan
peserta didik dengan mengajukan pertanyaan terbuka, mengundang peserta didik untuk
berdiskusi atau berdebat, dan memberikan pujian dan dorongan saat peserta didik
berkontribusi.
-
there are no comments yet