Article Detail

Kegiatan Studi Lapangan

Salah satu bentuk pembelajaran di luar kelas adalah Studi Lapangan. Studi Lapangan berorientasi mendekatkan siswi sebagai pembelajar dari berinteraksi langsung dengan sumber-sumber belajar primer. Belajar langsung dari sumber belajar primer diharapkan akan dapat meningkatkan retensi pemahaman ilmu pengetahuan yang lebih baik dan lama, sehingga pada saatnya dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Lebih dari itu, Studi Lapangan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan hard skills dan soft skills yang terkadang tidak secara lengkap didapatkan pada saat pembelajaran di kelas. Kemampuan soft skill sangat diperlukan siswi untuk dapat bersaing dalam era globalisasi. Salah satu soft skill yang sudah diyakini menjadi nilai keunggulan SMA Stella Duce 1 Yogyakarta adalah Cc5+ meliputi Compassion, Competence, Conviction, Celebration, Community, Keadilan Perdamaian Keutuhan Ciptaan (KPKC), Kejujuran, dan Kedisiplinan. Tingginya kemampuan secara praktek terhadap nilai Cc5+ akan menjadikan siswi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta menjadi siswi berkepribadian utuh, berbelarasa, cerdas, peduli lingkungan, dan berwawasan kebangsaan, dan berwawasan global.

                        Adapun tukuan kegiatan studi lapangan sebagai berikut :

1.      Mengasah karakter Community peserta didik dengan memberikan edukasi sekaligus pengalaman pada peserta didik agar mampu belajar secara mandiri, kreatif, dan eksploratif.

2.      Memperdalam nilai Competence dengan memperkenalkan sumber-sumber belajar alternatif yang menambah wawasan terhadap lingkungan dengan melakukan pengamatan, mencatat hasil pengamatan, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan, membuat laporan, kerjasama, berkomunikasi, dan presentasi.

3.      Mengasah nilai Conviction peserta didik dengan mendorong upaya dan daya juang mereka melalui kegiatan mengumpulkan sejumlah informasi untuk menyelesaikan aktivitas akademik dalam studi lapangan.

4.      Mengembangkan nilai Creativity peserta didik dengan mengkreasikan sejumlah informasi yang diperoleh dalam menciptakan produk hasil studi lapangan.

5.      Mengembangkan nilai Celebration peserta didik dengan melakukan ziarah sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan.

      Sedangkan materi kegiatan studi lapangan terbagi 2, yakni materi umum dan materi khusus. Ruang lingkup materi umum antaralain ; Profil tempat kunjungan studi (meliputi visi dan misi), Bahan baku (bahan baku utama dan bahan bahan baku tambahan), Jenis-jenis produk (dilengkapi dengan spesifikasi masing-masing), Khasiat/manfaat tiap produk, Distribusi pemasaran, dan Cara promosi. Materi khusus berisi informasi yang dapat dikembangkan secara mandiri oleh siswi. 

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment