Article Detail
Kegiatan Studi Lapangan
Salah satu bentuk pembelajaran di luar kelas adalah Studi
Lapangan. Studi Lapangan berorientasi mendekatkan siswi sebagai pembelajar dari
berinteraksi langsung dengan sumber-sumber belajar primer. Belajar langsung
dari sumber belajar primer
diharapkan akan dapat meningkatkan retensi pemahaman ilmu
pengetahuan yang lebih baik dan lama, sehingga pada saatnya dapat dimanfaatkan
sebagaimana mestinya.
Lebih dari itu, Studi Lapangan dapat digunakan untuk
meningkatkan kemampuan hard skills dan
soft skills yang terkadang tidak
secara lengkap didapatkan pada saat pembelajaran di kelas. Kemampuan soft skill
sangat diperlukan siswi untuk dapat bersaing dalam era globalisasi. Salah satu
soft skill yang sudah diyakini menjadi nilai keunggulan SMA Stella Duce 1
Yogyakarta adalah Cc5+ meliputi Compassion,
Competence, Conviction, Celebration, Community, Keadilan Perdamaian Keutuhan
Ciptaan (KPKC), Kejujuran, dan Kedisiplinan. Tingginya kemampuan secara praktek
terhadap nilai Cc5+ akan menjadikan
siswi SMA Stella Duce 1 Yogyakarta menjadi siswi berkepribadian utuh,
berbelarasa, cerdas, peduli lingkungan, dan berwawasan kebangsaan, dan
berwawasan global.
Adapun tukuan kegiatan studi
lapangan sebagai berikut :
1. Mengasah
karakter Community peserta didik
dengan memberikan edukasi sekaligus pengalaman pada peserta didik agar mampu
belajar secara mandiri, kreatif, dan eksploratif.
2. Memperdalam nilai Competence dengan memperkenalkan sumber-sumber belajar alternatif yang
menambah wawasan terhadap lingkungan dengan melakukan pengamatan, mencatat
hasil pengamatan, menganalisis data,
dan mengambil kesimpulan, membuat laporan, kerjasama, berkomunikasi, dan
presentasi.
3. Mengasah
nilai Conviction peserta didik dengan mendorong
upaya dan daya juang mereka
melalui kegiatan mengumpulkan sejumlah informasi
untuk menyelesaikan aktivitas akademik dalam studi lapangan.
4. Mengembangkan
nilai Creativity peserta didik dengan
mengkreasikan sejumlah informasi yang diperoleh dalam menciptakan produk hasil
studi lapangan.
5. Mengembangkan
nilai Celebration peserta didik
dengan melakukan ziarah sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan.
Sedangkan materi kegiatan studi lapangan
terbagi 2, yakni materi umum dan materi khusus. Ruang lingkup materi umum
antaralain ; Profil tempat kunjungan studi (meliputi visi dan misi), Bahan baku (bahan baku utama dan
bahan bahan baku tambahan), Jenis-jenis
produk (dilengkapi dengan spesifikasi masing-masing),
Khasiat/manfaat tiap produk, Distribusi
pemasaran, dan Cara promosi. Materi khusus berisi informasi yang dapat
dikembangkan secara mandiri oleh siswi.
-
there are no comments yet