Article Detail
Hidupku Tanggungjawabku
Aktivitas masyarakat
dunia dan khususnya Indonesia dan lebih khusus lagi bagi para siswi SMA Stella
Duce 1 Yogyakarta mulai berubah dan kembali seperti semula dengan kebiasaan
baru. Namun dampak dari pandemi covid-19 ini masih sangat tersasa, baik secara
pribadi maupun kelompok atau masyarakat. Perubahan kondisi ini khususnya
masalah psikologis bagi para siswi. Kondisi psikologis ini antara lain:
timbulnya stress, rasa cemas yang berlebihan, insecure, kurang percaya diri,
kurang percaya pada orang lain, kurang peduli terhadap orang lain, menjadi
intovert, kurang sosialisi dan kurang interaksi-komunikasi secara langsung dan
kurang bertangung jawab.
Di satu sisi, pesatnya
perkembangan teknologi dewasa ini membawa berbagai kemudahan bagi manusia.
Kondisi ini membuat orang makin mudah mendapatkan apa yang diinginkan. Peserta
didik sebagai bagian dari masyarakat modern terbentuk menjadi manusia yang memiliki
kemudahan dan tidak terbiasa berjuang keras dalam memenuhi kebutuhannya.
Kemudahan-kemudahan itu mengakibatkan peserta didik kurang bertanggung jawab
dalam hidup.
Dengan situasi dan
kondisi seperti ini, menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya bagi SMA
Stella Duce 1. Untuk itu sekolah terpanggil ambil bagian dalam membantu para
siswi mengolah diri dari aspek dari sisi psikologis dan spiritualitas.
Untuk membantu siswi
mengatasi situasi dan menghadapi tantangan setelah masa pandemi ini, agar mereka
menjadi pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab peserta didik harus memiliki
keberanian untuk berubah yang dilandasi iman akan Kristus. SMA Stella Duce 1
Yogyakarta berusaha membekali peserta didik agar memiliki pengetahuan, dan
kemampuan untuk berubah dengan mengadakan retret bagi para siswi Kelas XI
yang bertema “Hidupku Tanggungjawabku.”
Tujuan Umum: Membantu
peserta didik membangun kepedulian dan rasa tangung jawab dan mampu menghargai
hidup secara benar. Sedangkan tujuan
khusus: 1) Peserta didik dapat menyadari
tanggung jawab yang telah diberikan Tuhan kepadanya, 2) Peserta didik berani
bertanggung jawab dalam studi, relasinya dengan sesama, kehidupan di
lingkungan/masyarakat, kelangsungan hidup (alam), dan 3) Peserta didik berani
bertanggung jawab dengan menerima resiko/konsekuensi dari pilihan dan
tindakannya.
-
there are no comments yet
